Senin, 15 Januari 2018

Kedung Gender - Jogja Pariwisata

KEDUNG GENDER - PARIWISATA JOGJA

Mendengar kata " Kedung Gender ", orang akan bertanya-tanya tempat apakah itu, dimana tempat itu, ada apa di situ. Dan lain sebagainya,

Kedung Gender adalah sebuah kedung (palung) sungai yang berada di Dusun Josutan Desa Karangsari Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Prop DI Yogyakarta. Dimana sungai itu mengalir airnya sepanjang tahun tanpa pernah henti karena mata air yang cukup melimpah di hulu sungai itu dengan pusat mata air yang cukup besar bernama Mudal.

Kedung Gender pada masa lalu merupakan sebuah tempat yang cukup misterius. Karena pada saat-saat tertentu bunyi suara Gender (gamelan jawa) sering sayup-sayup terdengar.  Demikian menurut ceritera yang kami dapat secara turun temurun dari orang-orang tua dahulu.

Kedung Gender saat ini adalah merupakan sebuah kawasan yang sedang berbenah untuk menjadi suatu tempat tujuan wisata sungai. Dengan kawasan sepanjang 200an meter tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Disamping lokasinya yang gampang diakses baik memakai kendaraan roda 2 maupun roda 4, tempat ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang cukup membuat kita selalu ingin berkunjung. Alam dengan rumpun bambu yang berjajar di pinggir sungai merupakan pemandangan langka bagi masyarakat kota. Pohon Gayam juga merupakan pohon yang cukup langka pada masa kini. Pohon itupun juga berjajar di tepi sungai memberi kesan teduh apabila kita berada di tempat itu.

Tentu saja air yang mengalir di Kedung Gender adalah pemandangan utama yang perlu dinikmati. Dengan kedung yang cukup dalam dan kedung-kedung kecil sebagai pendukungnya merupakan tempat yang cukup mengasyikan untuk ciblon (bermain air). Kedung yang dalam untuk orang-orang dewasa, kedung kecil yang dangkal untuk anak-anak tentunya. Juga pulau-pulau kecil yang terbentuk dikelilingi air yang mengalir seakan kita berada di syurga dunia ini. "Syurga itu ada pohon yang rindang dan mengalir air dibawahnya".Sungguh,..... ini merupaka syurga yang tersembunyi.

Demikian sekilas tentang Kedung Gender. Semoga dapat membantu bagi saudara-saudara yang ingin tahu tentang Kedung Gender. SELAMAT BERKUNJUNG.........

1 komentar:

  1. lumayan bagus. bisa dikembangkan untuk wisata alam

    BalasHapus